Do'a Sebelum Belajar

“Robbi zidni ilman warzuqnii fahman”
artinya:
Ya Alloh, tambahkanlah ilmu pengetahuanku dan berilah aku kefahaman

Selamat Datang di Blog Bimbel SSC X-Team Bekasi

Bismillahirrohmannirrohim. Assalamu'alaikum. Warahmatullohi Wabarakatuh.

Photobucket

Logo SSC X-Team Bekasi Lembaga Pendidikan Makes Study Better

Logo SSC X-Team Bekasi Lembaga Pendidikan Makes Study Better

Cari Blog Ini

Senin, 08 Februari 2010

PMDK UPI 2010

Deskripsi Umum

  1. Yang dapat mendaftarkan diri adalah siswa SMA/MA/SMK kelas III yang memiliki peringkat 10 terbaik di kelasnya, atau siswa yang memiliki prestasi khusus dalam bidang olahraga untuk FPOK dan seni untuk pelamar program Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari yang ditunjukkan dalam bentuk piagam atau sertifikat yang dilegalisasi Kepala Sekolah.
  2. Setiap siswa hanya boleh mengajukan SATU PILIHAN program studi.
  3. Pendaftaran hanya dilakukan secara KOLEKTIF oleh Kepala Sekolah.
  4. Berkas pendaftaran dikirim melalui pos ke sekretariat Panitia PMDK UPI 2010.
  5. Biaya Pendaftaran adalah sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per peserta.
  6. Pendaftaran paling lambat tanggal 27 Pebruari 2010 (cap POS).
  7. Diwajibkan untuk mengikuti tes khusus bagi yang memilih program studi di FPBS (Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Seni Musik), dan FPOK (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Ilmu Keolahragaan).
  8. Biaya tes khusus adalah Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per peserta.
  9. Biaya pendaftaran dan biaya tes khusus harus dibayarkan sekaligus melalui rekening BNI Cabang UPI Bandung dengan nomor rekening 22510314 atas nama UPI PT BHMN.
  10. Tes khusus akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Maret 2010, pukul 08.00 - selesai bertempat di:
    KAMPUS UPI (Gedung FPBS & Gedung FPOK)
    Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung.
    (untuk FPOK membawa pakaian olahraga dan untuk FPBS membawa instrumen yang diperlukan).
  11. Bagi peserta yang mendaftar pada program studi Internasional Program on Science Education (IPSE) FPMIPA diwajibkan mengikuti TES WAWANCARA yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Maret 2010 di FPMIPA UPI. Biaya Tes Wawancara sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) dibayar melalui rekening bersama dengan biaya pendaftaran.
  12. Daftar pelamar seleksi PMDK dapat dilihat pada websites http://pmb.upi.edu.
  13. Hasil seleksi PMDK akan diumumkan melalui websites http://pmb.upi.edu akhir bulan April 2010.

Syarat Umum

  1. Mengisi formulir Pendaftaran PMDK secara lengkap.
  2. Fotokopi raport semester 1,2,3,4, dan 5 yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.
  3. Pas foto terbaru berwarna ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar.
  4. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  5. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter.
  6. Fotokopi bukti transfer pembayaran biaya pendaftaran dan tes khusus (bagi yang mengikuti).
  7. Fotokopi Sertifikat atau Piagam yang relevan yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah bagi yang memiliki.
  8. Surat Pernyataan dari Orang Tua/Wali.
  9. Memenuhi syarat khusus yang ditetapkan program studi yang dipilih.

SYARAT KHUSUS MASING-MASING FAKULTAS


a. FIP
  • Yang dapat mendaftar adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK semua jurusan, kecuali untuk Program Studi Psikologi adalah siswa kelas III SMA/MA jurusan IPA.
  • Bagi pendaftar Program Studi Psikologi harus menyertakan fotokopi hasil tes kepribadian/nilai kepribadian yang ada di raport
b. FPIPS
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Ilmu Pendidikan Agama Islam adalah siswa kelas III SMA dan MA jurusan IPA dan IPS.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK, berkepribadian dan penampilan menarik.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Manajemen Industri Katering dan Manajemen Resort & Leisure adalah siswa kelas III SMA/Sederajat dan SMK jurusan Tata Boga/Pariwisata, berkepribadian dan penampilan menarik, tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan 160 cm untuk laki-laki.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI) adalah siswa kelas III SMA/MA/SMK/Sederajat, memiliki Kemampuan membaca dan menulis Arab (Al-Qur'an) dengan melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah.
c. FPBS
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa FPBS adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK semua jurusan.
  • Siswa yang memilih Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris harus menyertakan fotokopi nilai TOEFL.
  • Siswa yang memilih Program Studi Seni Rupa harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari dokter.
d. FPMIPA
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa FPMIPA adalah siswa kelas III SMA/MA jurusan IPA.
    - Khusus untuk Program Studi Pendidikan Biologi dan Biologi dapat pula dari SMK Pertanian,
    - Khusus untuk Program Studi Pendidikan Kimia dan Kimia dapat pula dari SMK Analis dan Farmasi.
    - Khusus untuk Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer dan Ilmu Komputer dapat pula dari SMK Informatika, SMK Jurusan TKJ atau RPL.
  • Siswa yang memilih Program Studi Pendidikan Kimia, Kimia, Pendidikan Biologi, dan Biologi harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari dokter.
e. FPTK
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Sipil, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, serta Teknik Perumahan adalah siswa kelas III SMK Bangunan dan SMA/MA IPA.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dan Teknik Mesin adalah siswa kelas III SMK Teknik Mesin, Otomotif, Referigasi, serta Tata Udara, atau SMA/MA jurusan IPA.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Elektro, Teknik Tenaga Elektrik, serta Teknik Elektro adalah siswa kelas III SMK Teknik Listrik dan Elektronika, atau SMA/MA jurusan IPA.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa prodi Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, serta Pendidikan Tata Busana adalah siswa kelas III SMK bidang keahlian Pekerjaan Sosial dan Pariwisata, Kriya Tekstil atau SMA/MA jurusan IPA/IPS.
  • Setiap pelamar ke FPTK harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari dokter.
f. FPOK
  • Yang dapat mendaftar menjadi calom mahasiswa FPOK adalah siswa kelas III SMA/MA/SMK semua jurusan, kecuali Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) harus SMA/MA jurusan IPA.
  • Setiap pendaftar harus menyertakan fotokopi prestasi olahraga dalam bentuk Piagam atau Sertifikat yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Pada waktu pelaksanaan tes khusus setiap pendaftar ke FPOK harus menyertakan foto Rongent. Bagi yang tidak membawa disediakan fasilitas pemotoan di lokasi.
g. FPEB
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Manajemen Perkantoran, Pendidikan Manajemen Bisnis, serta Manajemen adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK semua jurusan.

Program Studi Yang Ditawarkan


Fakultas

Kode

Program Studi

Jenjang

FIP

A015

Administrasi Pendidikan

S1

A025

Bimbingan dan Konseling

S1

A035

Pendidikan Luar Sekolah

S1

A045

Pendidikan Luar Biasa

S1

A055

Teknologi Pendidikan

S1

A505

Psikologi

S1

A085

Perpustakaan dan Informasi

S1

FPIPS

B015

Pendidikan Kewarganegaraan

S1

B025

Pendidikan Sejarah

S1

B035

Pendidikan Geografi

S1

B085

llmu Pendidikan Agama Islam

S1

B525

Manajemen Resort & Leisure

S1

B535

Manajemen Pemasaran Pariwisata

S1

B545

Manajemen Industri Katering

S1

B553

Survey Pemetaan dan Informasi Geografi

D3

B095

Pendidikan IPS

S1

B105

Pendidikan Sosiologi

S1

FPBS

C015

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

S1

C025

Pendidikan Bahasa Daerah

S1

C035

Pendidikan Bahasa Inggris

S1

C045

Pendidikan Bahasa Arab

S1

C055

Pendidikan Bahasa Jepang

S1

C065

Pendidikan Bahasa Jerman

S1

C075

Pendidikan Bahasa Perancis

S1

C085

Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan

S1

C095

Pendidikan Seni Tari

S1

C105

Pendidikan Seni Musik

S1

C505

Bahasa dan Sastra Inggris

S1

C515

Bahasa dan Sastra Indonesia

S1

FPMIPA

D015

Pendidikan Matematika

S1

D025

Pendidikan Fisika

S1

D035

Pendidikan Biologi

S1

D045

Pendidikan Kimia

S1

D055

Pendidikan Ilmu Komputer

S1

D505

Matematika

S1

D515

Fisika

S1

D525

Biologi

S1

D535

Kimia

S1

D545

Ilmu Komputer

S1

D405

International Program on Science of Education (IPSE)

S1

FPTK

E015

Pendidikan Teknik Arsitektur

S1

E025

Pendidikan Teknik Bangunan

S1

E035

Pendidikan Teknik Sipil

S1

E045

Pendidikan Teknik Elektro

S1

E055

Pendidikan Teknik Mesin

S1

E065

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

S1

E075

Pendidikan Tata Boga

S1

E085

Pendidikan Tata Busana

S1

E505

Teknik Tenaga Elektrik

S1

E513

Teknik Perumahan

D3

E523

Teknik Elektro

D3

E533

Teknik Mesin

D3

E543

Teknik Sipil

D3

E095

Pendidikan Teknologi Agro Industr

S1

E545

Teknik Sipil

S1

FPOK

F015

Pendidikan Kepelatihan Olahraga

S1

F025

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

S1

F505

Ilmu Keolahragaan

S1

FPEB

L015

Pendidikan Akuntansi

S1

L025

Pendidikan Manajemen Bisnis

S1

L035

Pendidikan Manajemen Perkantoran

S1

L045

Pendidikan Ekonomi dan Koperasi

S1

L505

Manajemen

S1

L515

Akuntansi

S1

Registrasi

Calon peserta ujian yang dinyatakan lulus PMDK diwajibkan untuk melakukan registrasi adminstrasi dan registrasi akademik di Direktorat Akademik UPI dengan menyerahkan persyaratan dan membayar biaya seperti yang tercantum dalam file Biaya Pendidikan.doc Persyaratan yang harus dilengkapi pada saat registrasi:
  1. Membawa surat panggilan.
  2. Memperlihatkan Ijazah asli/Keterangan Lulus dari kepala sekolah dan menyerahkan 1(satu) lembar foto copy/salinan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.
  3. Memperlihatkan Nilai Ujian Nasional (asli) dan menyerahkan 1(satu) lembar foto copy/salinan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.
  4. Apabila peserta PMDK-UPI ternyata tidak lulus Ujian Nasional maka otomatis yang bersangkutan gugur menjadi calon mahasiswa UPI.
  5. Menyerahkan 2(dua) lembar pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm, dibelakangnya supaya diberi nama/identitas diri dimasukkan kedalam amplop.
  6. Menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah yang bersangkutan.
  7. Mengisi dan menyerahkan pernyataan di atas materai Rp 6.000,- (format disediakan) yang berisi : - Bebas Narkoba; - Akan menaati segala peraturan dan tata tertib yang ditetapkan UPI.
  8. Menyerahkan bukti stor asli dari Bank untuk pembayaran uang SPP, praktikum, registrasi, kemahasiswaan, BPMA dan DPF yang besarnya untuk masing-masing program studi dapat dilihat pada tabel 2.
  9. Jumlah uang yang harus dibayar oleh peserta yang lulus PMDK-UPI pada saat registrasi sesuai dengan program studi pada tabel 2 di atas dapat disetor ke BNI di mana pun dengan menyebutkan nama dan menunjukkan surat panggilan.

Sekretariat

Direktorat Akademik
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154
Telp. (022) 2013753, Fax. (022) 2013753
Situs web. http://pmb.upi.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar